Kamis, 22 Oktober 2009

RPP BIOLOGI XI

RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
BIOLOGI XI

A. IDENTITAS
1. Nama Sekolah
2. Mata Pelajaran
3. Kelas/Semester
4. Standar Kompetensi

5. Kompetensi Dasar



6. Indikator




7. Alokasi waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN



C. MATERI PEMBELAJARAN

D. METODE PEMBELAJARAN

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN































































F. SUMBER BELAJAR








G. PENILAIAN












SMA N 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.
1.1 Mendiskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan
fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.


1. Menjelaskan komponen kimiawi sel
2. menjelaskan struktur dan fungsi sel.
3. Menggambarkan struktur sel hewan dan tumbuhan.
4. Mendemonstrasikan animasi model sel.

2 X 2 Jam Pelajaran

1. Siswa mampu menjelaskan komponen kimiawi sel.
2. siswa mampu menggambarkan struktur sel hewan
dan sel tumbuhan.
3. Siswa mampu mendemostrasikan animasi model sel.

● Komponen kimiawi sel
● Struktur dan fungsi bagian dari sel
● Struktur sel hewan dan sel tumbuhan.
Diskusi interaktif, eksperimen, pemberian tugas, Tanya jawab.


PERTEMUAN I
☻Kegitan Awal
1. Apersepsi
Mengigatkan kembali pengertian sel yang
telah didapatkan dikelas X, dengan memberi / soal
sebagai test awal.
2. Motivasi
3. Pemberian Acuan
Menjelaskan kompetensi dasar minimal yang
harus mereka
capai dalam proses pembelajaran.
4. Pembagian Kelompok
☻Kegiatan inti
Siswa
1. Bekerja dalam kelompok
2. Melakukan pengamatan terhadap sediaan preparat sel kering/ basah.
3. Berdiskusi kelompok menganalisis hasil praktek.
4. Perwakilan kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil praktek.
Guru
1. Mengamati kinerja siswa dalam praktek
2. Memfasilitasi kerja praktek dan diskusi kelompok.
3. Menuangkan hasil kerja kedalam table yang telah teesedia.(ada pada LKS hal 7)
4. Menanggapi hasil kerja kelompok.

☻Kegatan Akhir
1. Mengigatkan siswa, menindak lanjuti siswa membuat laporan.
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam LKS.
3. Memberikan tugas mandiri Terstruktur (PR) untuk siswa tentang komponen kimiawi sel dan membuat Animasi model sel hasil penelusuran di internet.


PERTEMUAN 2
☻Kegiatan Awal
1. Apersepsi.
Mengigatkan kembali tugas yang diberikan pada
saat pertemuan sebelumnya, tentang komponen
kimiawi sel.
2. Pembagian siswa dalam kelompok

☻Kegiatan Inti
Siswa
1. Sebelum mulai mengadakan diskusi
guru menjelaskan tentang komponen kimiawi sel
2. Bekerja dalam kelompok
3. Berdiskusi kelompok, mendemostrasikan tentang struktur sel dalm bentuk CD yang didalamnya memuat Animasi sel
4. Perwakilan dari kelompok yang telah ditunjuk menyampaikan hasil penelususran di internet tentang sel.
Guru
1. Mengamati diskusi siswa yang menyampaikan model animasi sel yang telah dibuat.
2. Memfasilitasi, dan , menambahkan, meluruskan bila ada kalimat yang keluar vdari konteks kebahasaan.
3. menanggapi hasil hasil presentasi siswa.

☻Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan hasil presentasi siswa
2. Memberikan tugas Mandiri terstruktur untuk mengisi LKS yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang sel.

a. Referensi , Diah Aryulinamuslim dan Syalfinat
Manaf, Endand Widi Winarni,
Biologi 2 SMA dan MA, Esis hal 2-25
b. Kreatif, LKS, Viva pakarindo, hal

1. Bahan Ajar : Hand Out, Bahan Presentasi
2. Media/Alat : LCD, Komputer, CD presentasi, miskroskop, dan perlengkapannya.

1. Bentuk Penilaian
♦Penilain Kognitif, berupa test tertulis/test lisan
♦Penilaian Psikomotor , berupa pembuatan
laporan praktek dan laporan pembuatan animasi sel
♦Penilaian Apektif, berupa penilaian sikap pada
saat proses belajar mengajar berlangsung.
2. Istrumen yang dipakai
♦Penilaian kognitif ( Terlampir)
♦Penilaian Psikomotor(Terlampir)
♦Penilaian Afektif(Terlampir)
Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd. Drs. I G e d e D a n a
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991031138




RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
A. A. IDENTITAS
B. 1. Nama Sekolah
C. 2. Mata Pelajaran
D. 3. Kelas /semester
E.
F. 4. Standar Kompetensi
G.
H.
5. Kompetensi dasar


6. Indikator


7. Alokasi waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN



C. MATERI PEMBELAJARAN




D. KEGIATAN PEMBELAJARAN













































E. SUMBER BELAJAR







F. PENILAIAN





















SMA N 2 Amlapura
Biologi
XI/Gasal

1. memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

1.2 Mengidentifikasi organel sel tumbuhan dan hewan.


1. membandingkan struktur organel sel hewan dan tumbuhan.
2. Menjelaskan fungsi organel sel hewan dan tumbuhan

2 X 2 Jam Pelajaran

1. Siswa mampu membandingkan struktur organel sel hewan dan tumbuhan
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi organel sel tumbuhan dan hewan.

● Struktur sel hewan dan tumbuhan.
● funsi organel sel tumbuhan dan hewan

Diskusi imformasi, Tanya jawab.


PERTEMUAN I
☻Kegiatan awal
Apersepsi
1. Bertanya pengalaman siswa pada saat mengamati preparat sel basah/kering, organel apa saja yang menyusun sel berdasarkan hasil pengamatan.

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Menampilkan foto/gambar dari CD/sumber literature yang telah ada tentang struktur organel pada sel hewan dan tumbuhan.
2. Menyuruh siswa menyebutkan/membandingkan struktur organel sel hewan dan tumbuhan sesuai gambar yang ada.
3. Meluruskan jawaban siswa bila keluar dari konteks kebahasaan.

☻Kegiatan Penutup
1. Merangkum/membuat simpulan tentang materi yang telah dibahas.
2. meminta peserta didik untuk mengulang kembali simpulan yang telah disusun.
3. Memberikan tugas mandiri terstruktur , mengisi tabel, membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan.

PERTEMUAN 2.
☻kegiatan Awal
1. Apersepsi
Mengaitkan pengetahuan siswa dengan materi
yang akan dibahas dengan menanyakan:
Apa fungsi masing-masing organel sel yang
menyusun sel hewan dan tumbuhan.




☻Kegiatan Inti
1. Diskusi interaktif mengenai fungsi organel sel hewan dan tumbuhan dari berbagai literature.
2. Membantu siswa apabila keluar dari konteks kebahasaan.
3. Membuat suasan diskusi menjadi lebih hidup.

☻Kegiatan Penutup
1. Merangkum/membuat simpulan tentang fungsi organel sel hewan dan tumbuhan.
2. Membuat tugas rumah untuk membuat soal-soal yang ada pada LKS, yang berkaitan dengan materi yang telah dibahas.

1.Referensi,
a. Diah Aryulinamuslim dan Syalfinat
Manaf, Endand Widi Winarni,
Biologi 2 SMA dan MA, Esis hal 67-68.
b. Kreatif, LKS, Viva pakarindo, hal 1-8.
2. Bahan Ajar, Bahan Presentasi.
3. Media, LCD, Komputer, Cd presentasi.

1. Bentuk Penilaian
♦Penilaian kognitif, Test tertulis dan test lisan
♦Penilaian Afektif, berupa penilaian sikap
selama proses belajar mengajar berlangsung.

2. Istrument yang dipakai
♦ Penilaian kognitif
Indikator test tertulis
1. sebutkan organel pembeda antara sel hewan dan sel tumbuhan
2. Retikulun Endoplasma dibedakan menjadi dua macam sebutkan dan jelaskan fungsinya masing-masing.





Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd.
Pembantu Tk. I Drs. Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991031138













RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
B. IDENTITAS
1. Nama Sekolah
2. Mata Pelajaran
3. kelas/semester
4. Standar Kompetensi


5. Kompetensi Dasar



6. Indikator





7. Alokasi waktu


C. TUJUAN PEMBELAJARAN







D. MATERI PEMBELAJARAN


E. METODE PEMBELAJARAN

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN

































































































F SUMBER BELAJAR






G. PENILAIAN























SMA N 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil
1. Memahami struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan.

1.3 Membandingkan mekanisme transport pada membrane
(difusi, osmosis, transport aktiv, endositosis, eksositosis)


1. Menjelaskan cirri-ciri transport secara difusi dan osmosis
2. Membedakan traspotr secara difusi dan osmosis.
3. menjelaskan terjadinya peristiwa plasmolisis
4. membedakan mekanisme traspotr pasif dan aktif.
5. Membedakan antara eksositosis dan endositosis.

3 X 2 Jam Pelajaran ( 3 X Pertemuan)


1. Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri transport secara difusi dan osmosis
2. Siswa mampu Membedakan transport secara difusi dan osmosis.
3. siswa mampu menjelaskan peristiwa plasmolisis
4. Siswa mampu Membedakan mekanisma traspotr aktif dan pasif
5. Siswa mampu membedakan antara eksositosis dan endositosis.

●Difusi, osmosis
●Trasport aktif dan transport pasif
●Endositosis dan eksositosis

Diskusi informasi, eksperimen, Tanya jawab.


PERTEMUAN I
☻Kegiatan Awal
1. Apersepsi : Mengaitkan pengetahuan siswa dengan materi yang akan dibahas, dengan mengajukan suatu pertanyaan, menurut kamu apa yang menyebabkan tinta yang diteteskan didalam gelas yang berisi air dapat menyebar merata.
Menurut kalian apa yang menyebabkan tumbuhan
yang dipupuk berlebihan akan mati karenanya.
2. Motivasi
Memberikan gambaran mamfaat materi yang akan dibahas!
Yaitu, agar siswa mengetahui bagaimana proses
terjadinya transport molekul, cairan, partikel dari
dan kedalam sel

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Diskusi interaktif , setiap siswa diminta mengkaji dari berbagai sumber serta mendiskusiksn mengenai Difusi dan osmosis, beserta contoh sehari-hari yang berhubungan dengan materi difusi dan osmosis.
2. Membuat suasana diskusi agar menjadi lebih hidup.dengan meminta pendapat dari siswa lain.






☻Kegiatan Penutup
1. Merangkun/membuat simpulan tentang materi yang telah didiskusiskan.
2. Memberikan tugas membaca tentang materi yang akan di bahas pada pertemuan berikutnya .


PERTEMUAN II
☻Kegiatan Awal
1. Apersepsi
Mengigatkan kembali apa yang mereka ketahui
tentang difusi dan osmosis dan menghubungkan-
nya dengan proses plasmplisis
2. pembagian kelompok

☻Kegiatan inti
Siswa
1. Bekerja dalam kelompok
2. Melakukan pengamatan peristiwa masuknya zat cair kedalam dinding sel dan mengamati proses plasmolisis.
3. Berdiskusi kelompok, mengaalisis hasil praktek
4. menuangkan hasil pengamatan kedalam tabel pengamatan pada LKS hal, 10.
5. perwakilan kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil pengamatan.
Guru
1. Mengamati kinerja siswa dalam praktek.
2. Memberi umpan balik dengan pertanyaan yang mengarah pada penemuan jawaban.

☻Kegiatan Akhir
1. Membersihkan alat-alat dan tempat praktikkum
2. Mengigatkan siswa untuk membuat laporan.
3. Memberikan tugas rumah untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN III
☻Kegiatan awal
1. Apersepsi
● Memberikan test lisan, tentang materi yang akan
diberikan hari ini!
●Mengigatkan kembali tentang pergerakan substansi
melalui membrane.
●Memotivasi siswa, bahwa proses pergerakan
molekul, seperti protein, polisakarida dapat bergerak
keluar masuk ke dalam sel karena adanya
transport pasif dan aktif, seperti endositosis
dan eksositosis.

☻Kegiatan Inti
Siswa dan guru
1. Diskusi interaktif membedakan konsep transport pasif dan aktif, berdasarkan kajian literature dari berbagai sumber.
2. Diskusi interaktif membedakan endositosis dan eksositosis, berdasarkan kajian literature dari berbagai sumber.
3. Menghubungkan proses yang terjadi didalam tubuh dengan konsep transport pasif dan aktif, endositosis dan eksositosis.
4. membuat suasana diskusi menjadi lebih hidup dengan, meminta siswa menanggapi pendapat temannya.

☻Kegiatan Akhir
1. Merangkum materi yang telah dibahas.



2. Membuat tugas rumah, menjawab soal-soal yang ada di LKS, yang berisi pertanyaan tentang mater yang dibahas sebelumnya.(LKS Hal, 11-13), sebagai persiapan ulangan harian 1.



1. Referensi
a. Diah Aryulina muslim, Biologi 2 SMA dan MA, Esis, hal 8 – 13.
b. Kreatif, viva pakarindo, LKS hal, 9 -11.
2. Bahan Ajar : bahan Presentasi
3. Media : LCD, Komputer, miskroskop dan perlengkapannya.

1. Bentuk Penilaian
♦Penilan kognitif, berupa test lisan dan tertulis.
♦Penilaian psikomotor, berupa laporan hasil praktikkum.
♦Pnilaian Afektif, berupa penilaian sikap.

2. Instrumen Penilaian
♦ test tetulis (Terlampir)
♦Istrument penilaian loparan hasil praktikkum (Terlampir)!
♦Istrument penilaian Psikomotor (Terlampir)


Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd.
Pembantu Tk. I Drs .I Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991031138
















RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
A. IDENTITAS
1. Nama Sekolah
2. Mata Pelajaran
3. Kelas/Semester

4. Standar Kompetensi


5. Kompetensi dasar



6. Indikator






7. Alokasi waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN







C. MATERI PEMBELAJARAN



D. METODE PEMBELAJARAN

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN






















































































F. SUMBER BELAJAR




G. PENILAIAN





SMA 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil

2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan dan hewan serta penerapannya
dalam konteks salingtemas.

2.1 Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengaitkan-
nya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebangai
syarat kultur jaringan

1. Menggambarkan berbagai macam struktur jaringan tumbuhan.
2. Mengidentifikasi cirri-ciri macam-macam jaringan berdasarkan bentuk dan lokasinya.
3. membedakan struktur jaringan tumbuhan.
4. Menjelaskan fungsi berbagai macam jaringan tumbuhan.
5. Melaporkan langkah-langkah kultur jaringan
3X 2 jam pelajaran

1. Siswa mampu menggambarkan berbagai mcam struktur jaringan tumbuhan.
2. Siswa mampu mengidentifikasi cirri-ciri macam-macam jaringan berdasarkan bentuk lokasinya.
3. Mampu membedakan struktur jaringan tumbuhan.
4. Siswa mampu menjelaskan fungsi berbagai macam jaringan tumbuhan.
5. Siswa mampu melaporkan langkah-langkah kultur jaringan.

●Struktur jaringan pada tumbuhan
●Fungsi masing-masing jaringan pada tumbuhan.
●kultur jarigan


Diskusi, Tanya jawab, praktikkum.


PERTEMUAN I
☻Kegiatan Awal
1. Memotivasi
a. Menjelaskan mamfaat pemberian materi ! Bahwa dengan perkembangan ilmu biologi, jaringan dimamfaatkan untuk mengembang biakkan tanaman yang bertehnologi maju yaitu kultur jaringan.
2. Pemberian Acuan
Membacakan kompetensi dasar yang harus siswa kuasai, dalam proses belajar mengajar
3. Pembagian kelompok

☻Kegiatan Inti
Siswa
1. Bekerja dalam kelompok
2. Melakukan pengamatan struktur akar dan batang, daun, tumbuhan dikotil dan monokotil( LKS, Hal 23-26)Menuangkan hasil pengamatan kedalam tabel pengamatan yang telah tersedia.
3. Perwakilan kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil praktikkum.




Guru
1. Mengamati kinerja siswa
2. Memfasilitasi kerja kelompok, dan diskusi siswa.
3. menaggapi hasil kerja kelompok.

☻Kegiatan Akhir
4. Mengigatkan siswa, menindaklanjuti siswa membuat laporan, dan menjawab soal-soal yang ada pada LKS yang berhubungan dengan jaringan tumbuhan.
5. Memberikan tugas(PR) membaca/mempelajari materi yang akan diberikan untuk pertemuan berikutnya, tentang macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk, dan lokasinya.

PERTEMUAN II
☻Kegiatan Awal
1. Mengigatkan kembali materi yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya tentang jaringan tumbuhan!.
2. Berdasarkan hasil pengamatan dan kajian literature dari berbagai sumber kita akan mengetahui bahwa struktur, bentuk, dan lokasi masing-masing jaringan berbeda-beda.

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Diskusi interaktif membahas tentang macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk, dan lokasinya , berdasarkan literature dari berbagai sumber, Gb, foto.
2. Setiap siswa diminta mengisi tabel macam-macam jaringan berdasarkan struktur, bentuk, dan lokasinya.( Hal. 17 LKS)
3. siswa, membacakan hasil diskusi tentang macam jaringan tumbuhan, dan siswa lain diminta untuk menanggapi.
4. Guru, menambahkan/meluruskan bila ada materi yang belum di sampaikan siswa dan bila kalimat diskusi keluar dari konteks kebahasaan.

☻Kegiatan Penutup
1. Membuat simpulan tentang materi yang telah dibahas.
2. Memberikan tugas membaca tentang materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN III
☻Kegiatan Awal
1. Mengecek apakah tugas membaca yang diberikan sudah dilaksanakan, dengan memberikan test lisan tentang materi yang akan dibahas hari ini!

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa

1. Diskusi interaktif, membahas tentang fungsi jaringan tumbuhan h a sil kajian literature dari berbagai sumber.
2. Setiap siswa diminta menyebutkan fungsi berbagai macam jaringan
tumbuhan.
3. membuat suasana diskusi menjadi lebih interaktif dengan meminta
siswa menanggapi pendapat temannya.
4. Guru memfasilitasi kegiatan diskusi siswa.

☻Kegiatan Penutup
1. Merangkum/ membuat simpulan materi yang telah didiskusikan
2. Membuat laporan tentang kultur jaringan melalui penelusuran internet.
3. Memberitahukan siswa untuk belajar persiapan ulangan harian II.



1. Referensi ; Esis, Biologi 2 SMA hal 35-57, dan LKS
Viva vakarindo hal 15-26.
2. Bahan Ajar : bahan Presentasi.
Media , Alat, LCD, Komputer, Miskroskop
dan perlenggkapannya.
Bahan, Akar, Batang, Daun tumbuhan monokotil dan dikotil.

Bentuk Penilaian
♦penilaian kognitif, berupa test lisan dan tertulis
berupa ulangan harian.
♦Penilaian psikomotor, berupa laporan pengamatan pada
saat praktikkum.
♦penilaian Afektif, berupa penilaian sikap.
Istrument Penilaian.
Penilaian Kongnitif berupa test(soal tertulis) yang disesuaikan dengan indicator.
Penilaian Psikomotor (Terlampir)
Penilaian Afektif(terlampir)





Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd.
Pembantu Tk. I Drs. I Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991031138
































RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
A. IDENTITAS
1. Nama sekolah
2. Mata Pelajaran
3. Kelas/semester

4. Standar Kompetensi


5. Kompetensi dasar


6. Indikator









7. Alokasi waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN








C. MATERI PEMBELAJARAN



D. METODE PEMBELAJARAN

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN














































































F. SUMBER BELAJAR




G. PENILAIAN










SMA N 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil

2. Memahami keterkaitan antara struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, dan hewan, serta penerapannya dalam konteks saling temas.
2.2 mendiskripsikan struktur jaringan hewan, vertebrata
dan mengaitkannya dengan fungsinya.

1. Menggambarkan berbagai macam jaringan
2. mengidentifikasi struktur masing-masing jaringan berdasarkan gambar hasil pengamatan dan kajian.
3. Menunjukkan macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh manusia/vertebrata.
4. mengenal fungsi masing-masing jaringan hewan.
5. Meloparkan pengertian tumor/kanker, factor pencetus terjadinya tumor/kanker, dan macam-macam kanker yang terjadi pada manusia.

3 X 2 jam Pelajaran (3 X Pertemuan)

1. Siswa mampu menggambarkan berbagai macam jaringan
2. siswa mampu mengidentifikasi struktur masing-masing jaringan berdasarkan gambar hasil pengamatan dan kajian.
3. Siswa mampu menunjukkan macam jaringan berdasarkan lokasinya pada tubuh manusia/vertebrata.
4. Siswa mampu mengenal fungsi masing-masing jaringan hewan.
5. Melaporkan pengertian tumor/kanker, factor pencetus terjadinya tumor/kanker, dan macam-macam kanker/tumor yang tewrjadi pada manusia.

●Struktur jaringan hewan
●fungsi jaringan hewan pada vertebrata
●tumor/kanker


Diskusi, Tanya jawab, pemberian tugas, eksperiment.


PERTEMUAN I
☻kegiatan awal
1. Apersepsi
a. mengigatkan kembali materi yang pernah didapatkan siswa pada pertemuan sebelumnya yang membahas tentang tentang sel, bahwa aktivitas hewan vertebrata melibatkan berbagai tingkatan organisasi tubuhnya yaitu, sel, jaringan, organ dan system organ.
2. Memberikan acuan dengan memberitahukan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses belajar mengajar.
3. Pembentukan kelompok

☻kegiatan Inti
Siwa
1. Bekerja dalam kelompok
2. Melakukan pengamatan struktur berbagai jaringan hewan ( sesuai petunjuk LKS, hal 37)
3. menuangkan hasil pengamatan kedalam tabel pengamatan yang telah tersedia, dan membandingkannya dengan gambar/foto/CD interaktif/charta.
4. Perwakilan dari kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil pengamatan.

Guru
1. Mengamati kinerja siswa
2. memfasilitasi kerja kelompok dan diskusi kelompok
3. Menanggapi hasil kerja kelompok.

☻Kegiatan Akhir
1. mengigatkan siswa menindaklanjuti siswa membuat laporan dan membuat kesimpulan berdasarkan data yang didapat.
2. memberikan tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN II
☻Kegiatan awal
1. Menguji dengan test lisan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya.
2. Mengumpulkan laporan praktikkum yang telah dibuat siswa.

☻kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Diskusi interaktif menganalisis macam jaringan berdasarkan struktur /bentuk dengan menggunakan gambar /foto dari berbagai sumber.
2. Meminta siswa membacakan hasil kajian literature tentang struktur masing-masing jaringan pada hewan.( materi hal 30-36, LKS)
3. Membuat suasanaa diskusi menjadi lebih interaktif, dengan meminta siswa menanggapi pendapat temannya.
4. Guru memfasilitasi, dan menambahkan bila ada materi yang belum/tidak dikemukakan oleh siswa.
5. meluruskan kalimat siswa bila keluar dari konteks kebahasaan.

☻kegiatan penutup
1. Membuat simpulan tentang materi yang telah dibahas.
2. Memberikan tugas membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN III
☻Kegiatan Awal
1. Menguji dengan test lisan , untuk mengetahui apakah siswa telah membaca materi yang akan dibahas hari ini.

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Melakukan diskusi interaktif, menunjukkan macam-macam jaringan berdasarkan lokasinya, beserta fungsinya masing-masing.
2. bekerja dengan mengisi tabel yang telah tersedia pada LKS, hal 31, 34-35.
3. Membuat suasana diskusi menjadi lebih interaktif dengan meminta siswa menanggapi/menambahkan jika punya pendapat lain tentang materi yang dibahas.

☻Kegiatan penutup
1. Membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas.
2. Membuat tugas mandiri , berupa laporan tentang kanker/tumor, factor pencetus, dan macam-macam kanker/tumor yang ada pada manusia.

1. Referensi ; Esis, Biologi 2 SMA hal , dan LKS
Viva vakarindo hal 2. Bahan Ajar : bahan Presentasi.
Media , Alat, LCD, Komputer, Miskroskop
dan perlenggkapannya.
Bahan, Akar, Batang, Daun tumbuhan monokotil dan dikotil.

Bentuk Penilaian
♦penilaian kognitif, berupa test lisan dan tertulis
berupa ulangan harian.
♦Penilaian psikomotor, berupa laporan pengamatan pada
saat praktikkum.
♦penilaian Afektif, berupa penilaian sikap.
Istrument Penilaian.
Penilaian Kongnitif berupa test(soal tertulis) yang disesuaikan dengan indicator.
Penilaian Psikomotor (Terlampir)
Penilaian Afektif(terlampir)








Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M. Pd
Pembantu Tk. I Drs. I Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991031138




































RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
A. IDENTITAS
1. Nama sekolah
2. Mata Pelajaran
3. kelas/Semester
4. Standar Kompetensi


5. Kompetensi dasar


6. Indikator








7. Alokasi Waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN





C. MATERI PEMBELAJARAN


D. METODE PEMBELAJARAN

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

























































F. SUMBER BELAJAR






G. PENILAIAN
SMA n 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil
3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada saling temas.
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara, struktur, fungsi, dan proses
serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada system
gerak pada manusia.

1. Mengidentifikasi struktur tulang.
2. Menjelaskan fungsi tulang.
3. Mengidentifikasi struktur otot dan sendi
4. Menjelaskan fungsi otot dan sendi pada manusia.
5. Menjelaskan proses gerak.
6. Melaporkan penyebab terjadinya kelainan/gangguan pada system gerak.

2 X 2 Jam pelajaran ( 2 X Pertemuan )

1. Siswa mampu mengidentifikasi struktur tulang.
2. Siswa mampu menjelaskan struktur tulang.
3. Siswa mampu mengidentifikasian struktur tulang dan otot.
4. Siswa mampu menjelaskan proses gerak
5. Siswa mampu melaporkan penyebab terjadintya kelainan/gangguan pada system gerak.

●Struktur dan fungsi tulang, otot dan sendi pada manusia.
●Proses gerak
●Kelainan penyakit pada system gerk.

Diskusi interaktif, eksperiment, penugasan.


PERTEMUAN I
☻Kegiatan Awal
1. Apersepsi dan Motivasi: salah satu ciri adalah bergerak. Kita sebagai mahluk hidup setiap saat bergerak., bahkan ketika tidur sekalipun.
Mengapa kita dapat bergerak? Apa yang menggerakkan ba-
Gian-bagian tubuh kita.
2. Pemberian Acuan
Memberitahukan kepada siswa kompetensi dasar yang harus mereka capai setelah materi dibahas.

☻Kegiatan Inti
Guru dan Siswa
1. Diskusi interaktif menemukan strukltur serta fungsi tulang dan sendi.
2. Mengisi tabel pengamatan kegiatan individu( LKS hal 48)
3. Dengan bantuan gambar/charta, mendiskusisksn struktur persendian
4. Berdasarkan kajian literature dari berbagai sumber siswa diminta mengurutkan terjadinya proses gerak biasa dan gerak refleks.

☻Kegiatan Penutup
1. Merangkum materi yang telah didiskusikan .
2. Memberikantugas Mandiri terstruktur /PR membaca literature dari berbagai sumber tentang otot.




PERTEMUAN II
☻Kegiata Awal
1. Apersepsi: Mengigatkan kembali apa yang telah mereka pelajari pada pertemuan sebelumnya, dengan memberikan beberapa pertanyaan pada perwakilan siswa.
2. Membentuk kelompok.

☻Kegiatan Inti
Siswa
1. bekerja dalam kelompok
2. Melakukan pengamatan struktur otot(polos, lurik, jantung).
3. Menuangkan hasil pengamatan kedalam tabel(LKS Hal 54)
4. perwakilan dari kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil pengamatan.
5. Mendiskusikan mekanisme kerja otot sebagai alat garak aktif, dan menjelaskan keterkaitan tulang, otot, sendi dalam system gerak.
Guru
1. Memfaasilitasi kinerja siswa.
2. Memfasilitasi kerja kelompok, dan diskusi kelompok.
3. Menanggapi hasil kerja dan diskusi kelompok.

☻Kegiata Akhir
1. Mengigatkan siswa untuk menindaklanjuti membuat laporan dan menjawab pertanyaan yang ada di LKS, sebagai persiapan untuk untuk Ulangan harian.
2. Memberikan tugas mandiri sebagai bahan laporan tentang penyebab terjadinya kelainan/gangguan, serta pemamfaatan tehnologi dalam kerusakan system gerak dari berbagai sumber.(dibuat dala buku latihan).

1. Referensi ; Esis, Biologi 2 SMA hal 91-108, dan LKS
Viva vakarindo hal 46-57).
2. Bahan Ajar : bahan Presentasi.
Media , Alat, LCD, Komputer, Miskroskop
dan perlenggkapannya.
Bahan: Awetan struktur sel otot polos, lurik, jantung).

1. Bentuk Penilaian
♦ Penilan kognitif, berupa test lisan dan tertulis.
♦ Penilaian psikomotor, berupa laporan hasil praktikkum.
♦ Penilaian Afektif, berupa penilaian sikap.

2. Instrumen Penilaian
♦ Test, berupa soal-soal pilihan gandaa(Terlampir)
♦ observasi, berupa lembar pengamatan(terlampir)
♦ Penilaian Afektif , berupa penilaian sikap(terlampir)




Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd.
Pembantu Tk. I Drs. I Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP.196312311991031138




RENCANA PELAKSANAAN PELAJARAN
A. IDENTITAS
1. Nama sekolah
2. mata Pelajaran
3. kelas/Semester
4. Standar Kompetensi


5. Kompetensi dasar



6. Indikator










7. Alokasi waktu

B. TUJUAN PEMBELAJARAN









C. MATERI PEMBELAJARAN




D. METODE PEMBELAJARAN

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN






















































































F. SUMBER BELAJAR







G. PENILAIAN



SMA N 2 Amlapura
Biologi
XI/Ganjil
3. Menjelaskan dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses
serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
system peredaran darah.

1. Menjelaskan komponen darah
2. Menjelaskan fungsi darah
3. Menggambarkan macam-macam sel darah
4. Menjeniskan golongan darah.
5. Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah.
6. Menjelaskan dasar-dasar trasfusi darah
7. Menjelaskan alat-alat/proses peredaran darah.
8. Mengenal berbagai macam kelainan penyakit yang terjadi pada system peredaran darah.
9. Melaporkan system peredaran darah berbagai hewan.

3 X 2 Jam Pelajaran

1. Siswa mampu menjelaskan komponen darah.
2. Siswa mampu menjelaskan fungsi darah.
3. Siswa mampu menggambarkan macam-macam sel darah.
4. Siswa mampu menjeniskan golongan darah.
5. Siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip dasar golongan darah
6. Siswa mampu menjelaskan dasar-dasar trasfusi darah.
7. siswa mampu menjelaskan alat-alat/proses peredaran darah.
8. siswa mampu mengenal berbagai macam kelainan penyakit yang terjadi pada system peredaran darah.
9. Siswa mampi melaporkan system peredaran darah pada berbagai hewan.
☻Struktur dan fungsi darah
☻Struktur alat peredaran darah.
☻Proses peredaran darah pada manusia
☻Kelainan penyakit pada system peredaran darah
☻Peredaran darah pada hewan.

Diskusi imformasi dan pemberian tugas, Tanya jawab, dan eksperiment.

PERTEMUAN I
☻Kegiatan Awal
1. Apersepsi
Mengaitkan pengetahuan siswa dengan materi yang akan dibahas, dengan mengajukan pertanyaan: bagaimanakah zat-zat yang diperlukan oleh tubuh tersebut beredar dan masuk kedalam seluruh bagian tubuh.
2. Motivasi
Guru menjelaskan mamfaat mempelajari system sirkulasi, yaitu agar kita dapat mengetahui apa yang beredar dalam tubuh kita, kita juga dapat memahami apa yang terjadi dalam tubuh manusia yang mengalami penyakit yang berkaitan dengan sirkulasi.
☻Kegiatan inti
Guru dan Siswa
1. Diskusi interaktif membahas mengenai:
Komponen darah, plasma darah dan sel-sel darah, fungsi darah, serta menggambarkan macam-macam sel darah dari literature berbagai sumber.

2. Mengisi tabel LKS Hal 64, yang berhubungan dengan materi yang didiskusikan.
3. Megkondisikan suasana diskusi menjadi lebih hidup, dengan meminta siswa lain menanggapi hasil diskusi siswa lain.

☻Kegiatan penutup
1. Merangkum/menyimpulkan materi yang telah di bahas.
2. Memberikan tugas membaca LKS Hal 65, kegiatan kelompok, cara kerja penentuan golongan darah.

PERTEMUAII
☻kegiatan awal
1. Apersepsi
Mengigatkan kembali materi yang dibahas sebelumnya dengan memberikan test lisan, berupa pertanyaan pada perwakilan siswa yang ditunjuk.
2. Pembentukan kelompok

☻Kegiatan Inti
Siswa
1. bekerja dalam kelompok
2. melakukan kegiatan, menentukan golongan darah darah sesuai siste ABO.
3. Mengisi tabel pengamatan pada LKS Hal 65,.
4. berdiskusi kelompok menganalisis hasil pengamatan.
5. Perwakilan kelompok yang ditunjuk menyampaikan hasil pengamatan.
Guru
1. Mengamati kinerja siswa
2. Memfasilitasi siswa dalam praktikkum.
3. menanggapi hasil kerja kelompok.
4. Menjelaskan prinsip dasar penggolongan darah.

☻kegiatan Akhir
1. Merangkum hasil pengamatan.
2. mengigatkan siswa untuk menindak lanjuti untuk membuat laporan.
3. Memberikan tugas membaca, tentang materi yanakan dibahas pada pertemuan berikutnya.

PERTEMUAN III
☻Kegiatan awal
1. Apersepsi
Memberikan test lisan berupa pertanyaan guna mengetahui apakah siswa sudah membaca materi yang akan didiskusiskan.

☻Kegiatan Inti
1. Diskusi interaktif tentang alat-alat/proses peredran darah serta kelaianan/ penyakit/gangguan pada system peredaran darah.
2. Dengan bantuan gambar/charta, siswa diminta menjelaskan alat-alat peredaran darah dan proses peredaran darah pada manusia.
3. Guru menanggapi hasil penjelasan siswa, dan mengarahkan siswa bila keluar dari konteks kebahasaan.
4. Siswa diminta menyebutkan kelainan/penyakit pada system peredaran darah pada manusia.
5. Guru menambahkan materi diskusi yang belum terbahas pada saat diskusi berlangsung.






☻kegiatan Penutup
1. menyimpulkan materi yang telah dibahas
2. Memberikan tugas mandiri untuk dikumpulkan tentang system peredaran pada berbagai hewan.
3. Mengigatkan siswa untuk belajar, guna mempersiapakan ulangan harian.

1. Referensi ; Esis, Biologi 2 SMA hal 119-140 dan LKS
Viva vakarindo hal 61-72..
2. Bahan Ajar : bahan Presentasi.
3. Medi/Alat : LCD, Komputer, Gelas benda, Blood lancet,
tusuk gigi,
Bahan : Kapas, alcohol, satu set antiserum (anti-A dan Anti- B).


♣ Bentuk Penilaian
♦penilaian kognitif, berupa test lisan dan tertulis berupa
ulangan harian.
♦Penilaian psikomotor, berupa laporan pengamatan pada
saat praktikkum, dan laporan tugas mandiri.
♦penilaian Afektif, berupa penilaian sikap.
♣ Istrument Penilaian.
♦Penilaian Kognitif (terlampir)
an dengan indicator
♦Penilaian Psikomotor (terlampir)
♦Penilaian Afektit (terlampir)




Mengetahui, Amlapura, juli 2009
Kepala Sekolah SMA N 2 Amlapura Guru mata Pelajaran, Biologi




Drs. I Gede Ariyasa, M Pd.
Pembantu Tk. I Drs. I Gede Dana
NIP. 19680812 199103 1 015 NIP. 196312311991138


Tidak ada komentar:

Posting Komentar