Kamis, 22 Oktober 2009

RPP BIOLOGI KLS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 1 dan 2

ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai Ilmu
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
INDIKATOR :
1. Menjelaskan karateristik umum sains
2. Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi
3. Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi
4. Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain
5. Membuat laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup Biologi
6. Memberikan contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi
7. Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mempelajari berbagai literatur, siswa mampu menjelaskan karateristik umum sains
2. Setelah mengetahui karateristik sains dan melalui pengamatan, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi
3. Setelah melakukan praktikum tentang berbagai sel tumbuhan baik yang masih hidup maupun mati, siswa mampu menjelaskan kajian terkecil dari objek biologi yang merupakan penyusun mahluk hidup.
4. Setelah mengamati melalui LCD player, siswa mampu menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi
5. Dengan melakukan pengamatan di areal sekolah maupun di rumah, siswa mampu membuat laporan tentang kegiatan yang dilakukan.
6. Setelah melakukan pengamatan dan kajian literatur, siswa mampu memberikan contoh dampak positif dan negatif dari berkembangnya ilmu Biologi
7. Setelah melakukan diskusi tentang LKPBM, siswa mampu menjelaskan biologi sebagai ilmu dengan menggunakan metode ilmiah.

II. MATERI AJAR
Ruang Lingkup Biologi
1. Biologi sebagai ilmu dan kedudukannya
Biologi merupakan ilmu yang mengkaji mahluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karateristik yang sama dengan ilmu sains lainnya. Ruang lingkup Biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer). Teknologi menentukkan perkembangan Biologi
III. METODE PENGAJARAN
a. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
b. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 X 45 menit )
1) Kegiatan Awal ( 10 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa
2) Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Melakukan pengamatan preparat jadi berbagai sel baik sel hewan maupun sel tumbuhan ataupun mikroorganisme
 Mengidentifikasi hal-hal yang diamati dan membandingkan dengan literatur yang dimiliki. Menggali informasi dengan membuat tabel data tentang sel yang diamati.
 Melakukan pengamatan di areal sekolah tentang tumbuhan dan hewan
 Mengidentifikasi pengamatan dan membuat tabel data tentang tumbuhan dan hewan yang diamati
 Membandingkan dengan berbagai literatur kaitan sel dengan organisme.
 Mengamati perilaku tumbuhan dan hewan di areal sekolah dan mencatatnya.
3) Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan Biologi
Pertemuan II (2 X 45 menit)
1). Kegiatan Awal ( 10 menit ) meliputi :
 Menentukan urutan kelompok yang akan mempresentasikan laporannya.
 Mengecek kesiapan tugas yang telah diberikan sebelumnya termasuk informasi yang berkaitan dengan Biologi.
2). Kegiatan Inti ( 70 menit )
 Kebiasaan saat ini menekankan pada proses :
a. Elaborasi yaitu kegiatan peserta didik untuk menyampaikan hasil eksplorasi yang telah dilakukan saat di lapangan. Kegiatan ini meliputi : penyajian hasil kerja kelompok dari LKS yang telah dikerjakan. Kelompok diskusi siswa yang lain memberikan komentar dan pertanyaan yang bersifat konstruktif terhadap hasil kerja yang diberikan temannya. Peserta didik mencari sumber acuan lain untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
b. Konfirmasi adalah suatu kegiatan interaktif antara pendidik sebagai nara sumber ahli dengan peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Kegiatan ini meliputi : diskusi kelompok antar siswa dengan guru sebagai sumber ahli, guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memiliki implementasi dengan materi.
3). Kegiatan Akhir ( 10 menit )
Pada kegiatan ini meliputi :
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku acuan : Biologi kelas X, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
2. Alat : CD, VCD, mikroskop cahaya, komputer, LCD
3. Bahan : LKS, gambar, foto, CD, VCD.
VI. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokkan mahluk hidup disebut ………..
2. Organisasi tingkat seluler ditunjukkan oleh …………………………………….
3. Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut ……………..
4. Untuk memperoleh bibit unggul dengan mengadakan persilangan harus menguasai ….
5. Kloning manusia yang menggemparkan dunia merupakan hasil penelitian pada cabang biologi yang disebut ………………………………………………………………….

Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Taksonomi 2
2 Amoeba 2
3 Jaringan 2
4 Genetika 2
5 Bioteknologi 2
Sehingga kalau betul = 10
2. Penilaian portofolio
Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi

• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : XI/1
PERTEMUAN KE : 3 dan 4
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami hakikat Biologi sebagai Ilmu.
KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
INDIKATOR :
1. Memberikan contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu
2. Memberikan contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
3. Memberikan contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
4. Mengusulkan alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan
5. Mengidentifikasi urutan sistematika metode ilmiah
6. Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi
7. Memberikan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah
8. Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metode ilmiah.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati preparat sel melalui pembesaran kecil maupun besar dan membandingkan hasil pengamatan dengan berbagai literatur, siswa mampu mengetahui objek kajian biologi mulai tingkat molekul hingga sel.
2. Setelah mengamati torso manusia dan model penampang daun, siswa mampu mengetahui objek kajian biologi mulai jaringan hingga organisme.
3. Setelah mengamati berbagai aktivitas manusia di pasar, higienisnya makanan yang dijual-belikan, serta udara yang tidak sehat, siswa mampu memberikan alternatif pemecahan masalah dengan melakukan penelitian sederhana.
4. Setelah melakukan pengamatan dan kajian literatur, siswa mampu membuat sistematika metode ilmiah.
5. Dengan mendiskusikan LKPBM, siswa mampu membuat sebuah langkah-langkah ilmiah dalam memecahkan suatu masalah sehingga dapat berpikir sebagai ilmuwan muda.
II. KECAKAPAN HIDUP
1. Kecakapan berpikir
 Kecakapan menggali informasi
 Kecakapan memecahkan masalah
2. Kecakapan Sosial
 Kecakapan berkomunikasi secara lisan
 Kecakapan berkomunikasi secara tertulis
 Kecakapan bekerjasama
3. Kecakapan Akademik
 Kecakapan merumuskan hipotesis
 Kecakapan dalam melaksanakan penelitian/percobaan
III. MATERI AJAR
Objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
1. Objek biologi
Kajian biologi meliputi mahluk hidup dengan segala permasalahannya mulai dari individu (molekul, senyawa, sel, jaringan, organ, sistem organ), populasi, komunitas, ekosistem, sampai bioma yang ditemukan pada lapisan bumi biosfer.
2. Masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
Masalah biologi dapat terjadi pada tingkat molekul, senyawa, jaringan, sampai bioma. Contoh pada tingkat organ seperti kanker kulit, patah tulang. Pada tingkat ekosistem, hampir punahnya badak bercula satu, berubahnya sawah menjadi pemukiman.
3. Metode ilmiah
Dalam mempelajari dan mengembangkan ilmu biologi digunakan metode ilmiah. Para ilmuwan dalam menyelesaikan masalah harus mampu melakukan kerja ilmiah dan mampu bersikap ilmiah.
IV. METODE PENGAJARAN
a. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
b. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi.
V. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 10 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa
2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Melakukan pengamatan preparat sel yang sudah jadi, dimulai dengan pembesaran rendah (kecil) hingga tinggi (besar).
 Melakukan pengamatan torso manusia dan model penampang melintang daun
 Mengidentifikasi bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur
 Membuat tabel data informasi tentang fungsi dari bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur dan tayangan LCD proyektor.
 Melakukan pengamatan di pasar atau di areal yang memiliki tingkat polusi tinggi dan membandingkan dengan pengamatan teman di areal yang berbeda
 Mengidentifikasi tumbuhan disekelilingnya dan mencatat dalam bentuk data informasi.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan ruang lingkup biologi
Pertemuan II ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 10 menit ) meliputi :
 Menentukan urutan kelompok yang akan mempresentasikan laporannya.
 Mengecek kesiapan tugas yang telah diberikan sebelumnya termasuk informasi yang berkaitan dengan Biologi.
2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Kebiasaan saat ini menekankan pada proses :
a. Elaborasi yaitu kegiatan peserta didik untuk menyampaikan hasil eksplorasi yang telah dilakukan saat di lapangan. Kegiatan ini meliputi : penyajian hasil kerja kelompok dari LKS yang telah dikerjakan. Kelompok diskusi siswa yang lain memberikan komentar dan pertanyaan yang bersifat konstruktif terhadap hasil kerja yang diberikan temannya. Peserta didik mencari sumber acuan lain untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
b. Konfirmasi adalah suatu kegiatan interaktif antara pendidik sebagai nara sumber ahli dengan peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Kegiatan ini meliputi : diskusi kelompok antar siswa dengan guru sebagai sumber ahli, guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memiliki implementasi dengan materi
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
Pada kegiatan ini meliputi :
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
VI. SUMBER BELAJAR
1. Buku acuan : Biologi kelas XI, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
2. Alat : CD, VCD, mikroskop cahaya, komputer, LCD
3. Bahan : LKS, gambar, foto, CD, VCD.
VII. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Seorang petani yang akan menanam benih padi akan mencari bibit padi yang baik Hal ini merupakan penerapan dari cabang biologi yaitu ………………………………
2. Mahluk hidup dan faktor abiotik pada suatu lingkungan merupakan suatu kesatuan yang disebut ……………………………………………………
3. Mahluk hidup tidak mengalami keracunan zat sisa metabolisme, karena di dalam tubuhnya terjadi proses ……………………………………………………….
4. Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut …………….
5. Cabang biologi yang mengkhususkan bidang kajiannya pada struktur tubuh mahluk hidup adalah …………………………………………………………………………..
Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Genetika 2
2 Ekosistem 2
3 Ekskresi 2
4 Jaringan 2
5 Anatomi 2
Sehingga kalau betul = 10
VIII. PROGRAM TINDAK LANJUT
1. Program Remidial
2. Program Pengayaan
IX. ASEMEN
NO Data yang diakses Asemen
1. Penguasaan materi/konsep Tes obyektif, essay
2. Sikap Tes sikap
3. Kecakapan berpikir
1. kecakapan menggali informasi
2. Kecakapan memecahkan masalah
Portofolio
Tes kinerja/diskusi
4. Kecakapan Sosial
1. Kecakapan berkomunikasi secara lisan
2. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis
3. kecakapan bekerjasama
Tes kinerja
Portofolio
Lembar observasi
5. Kecakapan akademik
1. Kecakapan merumuskan hipotesis
2. Kecakapan dalam melaksanakan penelitian
Tes kinerja
Portofolio
2. Penilaian portofolio

Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi



• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar


Tes skala sikap
Nama :
Kelas/No absen :
A. Identitas
Materi Pelajaran : Hakikat Biologi Sebagai Ilmu
Jenjang Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/Ganjil
B. Petunjuk :
1. Tulislah jawaban anda pada kotak yang telah disediakan dengan memberi tanda silang (X) SS=sangat setuju ; S=setuju ; R=ragu-ragu ; TS=tidak setuju ; STS=sangat tidak setuju
2. Jawaban anda tidak ada yang salah, oleh karena itu isilah dengan jujur dan objektif
3. Keterangan Afeksi=perasaan senang ; Konasi=pernyataan lisan ; Kognesi=pernyataan keyakinan
C. PERTANYAAN
No Nomor Pernyataan Nilai /skor
SS S R TS STS
1 Senang mempelajari materi tentang objek biologi
(afeksi) 5 4 3 2 1
2 Belajar objek biologi cukup dengan belajar dari literatur (kognesi) 1 2 3 4 5
3 Senang membaca artikel-artikel tentang sel tumbuhan dan objek kajian biologi lainnya 5 4 3 2 1
4 Objek biologi dapat dipergunakan sebagai bahan pembuat senjata pemusnah massal 1 2 3 4 5
5 Dengan mengetahui pentingnya lingkungan biologi kita hendaknya kita menjaga dan merawatnya 5 4 3 2 1

Tabel pedoman konversi skala sikap
Kriteria kualifikasi Sikap
21,5-25 Sangat baik
17,5-21 Baik
13,5-17 Cukup
9,5-13 Kurang
5-9 Sangat Kurang




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 5 dan 6
ALOKASI WAKTU : 6 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan mahluk hidup.
KOMPETENSI DASAR :
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan.
INDIKATOR :
1. Mengidentifikasi ciri-ciri virus
2. Mebedakan struktur virus dengan mahluk lainnya
3. Menggambarkan struktur tubuh virus
4. Membuat model virus tiga dimensi
5. Menjelaskan cara hidup virus
6. Menjelaskan cara replikasi virus
7. Membuat charta replikasi virus
8. Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan merugikan
9. Menjelaskan peran virus yang menguntungkan dan merugikan
10. Mengkomunikasikan cara menghindari diri dari bahaya virus seperti ; influesza, AIDS, flu burung, dll.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mempelajari LKPBM tentang virus HIV dan tayangan LCD Projector, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri virus.
2. Setelah mengetahui karateristik dan komponen pada virus HIV, siswa mampu membedakan struktur virus dengan mahluk lainnya.
3. Setelah mengamati melalui LCD Projector dan kajian literatur, siswa mampu menjelaskan cara hidup dan replikasi virus.
4. Setelah mempelajari mekanisme replikasi virus dan cara hidupnya, siswa mampu menjelaskan peranan virus baik menguntungkan maupun merugikan bagi kehidupan manusia.



II. MATERI AJAR
VIRUS
1. Ciri-ciri virus
Virus mempunyai ciri-ciri aseluler, dapat dikristalkan, dan hanya dapat berkembangbiak pada sel-sel hidup
2. Replikasi virus
Virus hanya dapat berkembangbiak pada sel atau jaringan hidup antara lain pada bakteri, jaringan embrio, hewan, tumbuhan, maupun manusia. Proses replikasi virus berlangsung pada saat virus menempel pada sel inang hingga terbentuknya virus baru melalui daur lisis atau lisogenik
3. Peranan virus dalam kehidupan
Virus dapat menguntungkan manusia yaitu berperan sebagai vektor dalam rekayasa genetika. Virus dapat merugikan mansia karena menimbulkan berbagai penyakit seperti : Hepatitis, AIDS, flu burung atau menyerang tumbuhan dan hewan seperti Citrus Veins Phloem Degeneration (CPVD) pada tanaman jeruk, Tobacco Mozaic Virus (TMV) pada tembakau dan New Castle Desease (NCD) pada ayam, dll.
III. METODE PENGAJARAN
a. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
b. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 10 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa
2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Melakukan pengamatan bagan atau gambar serta tayangan LCD Projector tentang virus
 Mengidentifikasi ciri-ciri virus dan tanaman tembakau yang terkena virus.
 Mengidentifikasi bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur
 Membuat tabel data informasi tentang karateristik virus, cara hidupnya dan perkembangbiakannya.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan virus
Pertemuan II ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 10 menit ) meliputi :
 Menentukan urutan kelompok yang akan mempresentasikan laporannya.
 Mengecek kesiapan tugas yang telah diberikan sebelumnya termasuk informasi yang berkaitan dengan virus.
2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Kebiasaan saat ini menekankan pada proses :
a. Elaborasi yaitu kegiatan peserta didik untuk menyampaikan hasil eksplorasi yang telah dilakukan saat di lapangan. Kegiatan ini meliputi : penyajian hasil kerja kelompok dari LKS yang telah dikerjakan. Kelompok diskusi siswa yang lain memberikan komentar dan pertanyaan yang bersifat konstruktif terhadap hasil kerja yang diberikan temannya. Peserta didik mencari sumber acuan lain untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
b. Konfirmasi adalah suatu kegiatan interaktif antara pendidik sebagai nara sumber ahli dengan peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Kegiatan ini meliputi : diskusi kelompok antar siswa dengan guru sebagai sumber ahli, guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memiliki implementasi dengan materi.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
Pada kegiatan ini meliputi :
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku acuan : Biologi kelas X, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
2. Alat : CD player, VCD player, Komputer, LCD
3. Bahan : LKS, gambar, foto,VCD.
VI. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Virus memperbanyak diri dengan ……………………………………………..
2. Untuk membiakkan virus, kultur yang paling sesuai adalah …………………….
3. Virus NCD adalah penyebab penyakit ternak pada ……………………………….
4. Penyakit TMV menyerang tanaman ………………………………………………
5. Tubuh virus bersifat aseluler artinya ………………………………………………..
Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Proliferasi 2
2 Embrio ayam hidup 2
3 Ayam 2
4 Tembakau 2
5 Tidak memiliki sel 2
VIII. PROGRAM TINDAK LANJUT
3. Program Remidial
4. Program Pengayaan
IX. ASEMEN
NO Data yang diakses Asemen
1. Penguasaan materi/konsep Tes obyektif, essay
2. Sikap Tes sikap
3. Kecakapan berpikir
3. kecakapan menggali informasi
4. Kecakapan memecahkan masalah
Portofolio
Tes kinerja/diskusi
4. Kecakapan Sosial
4. Kecakapan berkomunikasi secara lisan
5. Kecakapan berkomunikasi secara tertulis
6. kecakapan bekerjasama
Tes kinerja
Portofolio
Lembar observasi
5. Kecakapan akademik
3. Kecakapan merumuskan hipotesis
4. Kecakapan dalam melaksanakan penelitian
Tes kinerja
Portofolio
Sehingga kalau betul = 10
2. Penilaian portofolio
Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi



• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar







Tes skala sikap
Nama :
Kelas/No absen :
A. Identitas
Materi Pelajaran : Hakikat Biologi Sebagai Ilmu
Jenjang Pendidikan : SMA
Kelas/Semester : X/Ganjil
B. Petunjuk :
4. Tulislah jawaban anda pada kotak yang telah disediakan dengan memberi tanda silang (X) SS=sangat setuju ; S=setuju ; R=ragu-ragu ; TS=tidak setuju ; STS=sangat tidak setuju
5. Jawaban anda tidak ada yang salah, oleh karena itu isilah dengan jujur dan objektif
6. Keterangan Afeksi=perasaan senang ; Konasi=pernyataan lisan ; Kognesi=pernyataan keyakinan
C. PERTANYAAN
No Nomor Pernyataan Nilai /skor
SS S R TS STS
1 Senang mempelajari materi tentang virus
(afeksi) 5 4 3 2 1
2 Mempelajari virus cukup dengan belajar dari literatur (kognesi) 1 2 3 4 5
3 Senang membaca artikel-artikel tentang virus dan peranannya bagi kehidupan 5 4 3 2 1
4 Virus dapat dipergunakan sebagai bahan pembuat senjata pemusnah massal 1 2 3 4 5
5 Dengan mengetahui pentingnya imunitas tubuh hendaknya kita selalu bersikap higien dan peduli dengan sanitasi lingkungan sekitar. 5 4 3 2 1

Tabel pedoman konversi skala sikap
Kriteria kualifikasi Sikap
21,5-25 Sangat baik
17,5-21 Baik
13,5-17 Cukup
9,5-13 Kurang
5-9 Sangat Kurang














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 7 dan 8
ALOKASI WAKTU : 3 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan mahluk hidup.
KOMPETENSI DASAR :
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria dan peranannya di dalam kehidupan.
INDIKATOR :
1. Menjelaskan ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
2. Membedakan ciri-ciri archaebacteria dan eubacteria
3. Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri
4. Membuat charta perkembangbiakan bakteri
5. Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan atau merugikan dalam kehidupan
6. Membuat laporan alat/bahan, cara kerja dan produk pembuatan nata de coco, youghurt dan atau asinan/manisan
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati preparat tetesan cairan pada nodula akar tanaman kacang-kacangan (bintil akar kacang tanah atau bintil akar tanaman turi) , siswa mampu mengetahui karateristik bakteri.
2. Setelah mengetahui karateristik dan komponen pada Rhizobium sp pada nodula kacang tanah atau turi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri yang dimiliki oleh bakteri.
3. Setelah mengamati melalui LCD Projector dan kajian literatur, siswa mampu membedakan archaebacteria dan eubacteria.
4. Setelah mempelajari mekanisme reproduksinya, siswa mampu menjelaskan cara perkembangbiakannya.
5. Dapat menjelaskan peranannya dalam kehidupan.




II. MATERI AJAR
Archaebacteria dan Eubacteria
1. Ciri-ciri Archaebacteria dan Eubacteria
Organisme bersel tunggal (uniseluler), prokariotik umumnya tidak berklorofil, hidup bebas atau sebagai parasit. Umumnya Archaebacteria hidup di lingkungan yang ekstrim (misalnya : mata air panas, kawah, gambut). Dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan. Eubacteria bersifat kosmopoit diberbagai lingkungan. Dinding sel terdiri dari peptidoglikan.
2. Perkembangbiakan Archaebacteria dan Eubacteria
Berkembangbiak dengan cara membelah diri yang dipengaruhi oleh kondisi lingkungan seperti : nutrisi, suhu, dll
3. Peranan Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan
Peran bakteri dalam kehidupan sangat luas. Dalam keseimbangan lingkungan berperan pada siklus biogeokimia (nitrifikasi, denitrifikasi, penambat nitrogen, dekomposer), selain itu juga berperan dalam industri makanan seperti nata de coco, youghrt, asinan sayuran, dan obat-obatan (antibiotik) dan ada yang merugikan karena menimbulkan penyakit seperti kolera, disentri, penyakit kelamin, dsb. Kemampuan bakteri menimbulkan penyakit disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab yaitu sebagai senjata biologis, seperti Baccilus antraxis.
III. METODE PENGAJARAN
a. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
b. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 3X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 20 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa
2). Kegiatan Inti ( 95 menit )
 Melakukan pengamatan preparat nodula akar tanaman kacang tanah atau tanaman turi
 Mengidentifikasi ciri-ciri dan karateristik bakteri Rhizobium sp dari nodula akar tanaman kacang tanah atau tanaman turi.
 Mengidentifikasi bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur
 Membuat tabel data informasi tentang fungsi dari bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur dan tayangan LCD proyektor.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan transport pada membaran sel
Pertemuan II ( 3 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 20 menit ) meliputi :
 Menentukan urutan kelompok yang akan mempresentasikan laporannya.
 Mengecek kesiapan tugas yang telah diberikan sebelumnya termasuk informasi yang berkaitan dengan bakteri
2). Kegiatan Inti ( 95 menit )
 Kebiasaan saat ini menekankan pada proses :
a. Elaborasi yaitu kegiatan peserta didik untuk menyampaikan hasil eksplorasi yang telah dilakukan saat di lapangan. Kegiatan ini meliputi : penyajian hasil kerja kelompok dari LKS yang telah dikerjakan. Kelompok diskusi siswa yang lain memberikan komentar dan pertanyaan yang bersifat konstruktif terhadap hasil kerja yang diberikan temannya. Peserta didik mencari sumber acuan lain untuk melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
b. Konfirmasi adalah suatu kegiatan interaktif antara pendidik sebagai nara sumber ahli dengan peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi. Kegiatan ini meliputi : diskusi kelompok antar siswa dengan guru sebagai sumber ahli, guru mengajukan beberapa pertanyaan yang memiliki implementasi dengan materi.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
Pada kegiatan ini meliputi :
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku acuan : Biologi kelas X, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
2. Alat : CD, VCD, Komputer, LCD
3. Bahan : LKS, gambar, foto,VCD.
VI. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Kandungan spesifik pada dinding sel bakteri adalah …………………………………
2. Cyanobacteria yang bersimbiosis dengan tumbuhan pakis haji adalah ……………….
3. Baccilus substilis adalah bakteri yang berperan dalam pembuatan …………………..
4. Reproduksi pada bakteri dapat terjadi karena ………………………………………..
5. Energi pada bakteri dihasilkan oleh organ …………………………………………
Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Peptidoglikan 2
2 Anabaena cycadae 2
3 Youghrt 2
4 Mempunyai DNA 2
5 Mesosom 2

Sehingga kalau betul = 10
2. Penilaian portofolio

Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi



• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar



Mengetahui, Amlapura, 9 Juli 2008
Kepala SMA N 1 Amlapura Guru Mata Pelajaran



Drs. I Ketut Jelantik
NIP. -





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 9
ALOKASI WAKTU : 2 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan Mahluk Hidup
KOMPETENSI DASAR :
2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom protista dan peranannya bagi kehidupan
INDIKATOR :
1. Mendeskripsikan ciri-ciri umum protista berdasarkan pengamatan
2. Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri morfologinya
3. Membedakan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan, mirip hewan berdasarkan pengamatan
4. Menjelaskan dasar pengelompokkan organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan.
5. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan organisme protista
6. Membuat charta cara-cara perkembangbiakan dan daur organisme protista
7. Memberikan contoh peranan protista bagi kehidupan
8. Mengidentifikasi protista yang menguntungkan atau merugikan bagi kehidupan manusia.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati awetan basah Sargassum sp dan Eucheuma spinosum, siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri dan karateristik protista
2. Setelah mengamati awetan basah Eucheuma spinosum dan membandingkannya dengan literatur, siswa mampu mengidentifikasi morfologinya.
3. Setelah mengamati produk olahan seperti agar-agar yang berbahan dasar Eucheuma spinosum, siswa mampu mengidentifikasi manfaat protista bagi kehidupan.
4. Setelah mengkaji dengan berbagai literatur, siswa mampu menjelaskan peranan protista yang merugikan bagi kehidupan.




II. MATERI AJAR
PROTISTA
1. Ciri-ciri umum protista
Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (algae), protista mirip jamur (jamur lendir/slime mold). Bentuk protista amatlah beragam.
Ciri-ciri umum protista mirip jamur (jamur lendir/slime mold), selnya memiliki inti lebih dari satu, bersifat amuboid (Myxomicotina) atau berflagel (Oomycotina), heterotrof menghasilkan spora, parasit atau pengurai
Ciri-ciri umum protista mirip tumbuhan (Algae), algae merupakan organisme uniseluler kecuali alga coklat dan merah, fotosintetik, ada yang mikroskopis dan makroskopis, hidup di air tawar atau air laut, pigmen lain yang dimiliki alga selain klorofil adalah karotenoid, fikosantin, fikoeritrin.
Ciri-ciri umum protista mirip hewan (protozoa) organisme uniseluler, soliter atau berkoloni, mikroskopis, heterotrof, hidup bebas atau parasit, alat gerak berupa pseudopodia, silia atau flagella.
2. Peranan protista dalam kehidupan
Peran menguntungkan antara lain sebagai sumber makanan yang bernilai gizi tunggi, sebagai bahan obat-obatan dan kosmetika, pupuk. Peran merugikan dari protista yaitu menjadi sumber penyebab penyakit (tidur, malaria, keputihan, dll)
III. METODE PENGAJARAN
a. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
b. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 20 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa


2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Melakukan pengamatan awetan basah Sarggasum sp dan Eucheuma spinosum dengan lup (kaca pembesar) atau mikroskop binokuler.
 Mengidentifikasi karateristik dan bentuk luar Sarggasum sp dan Eucheuma spinosum.
 Mengidentifikasi bagian-bagian yang lain dan membandingkannya dengan literatur.
 Membuat tabel data informasi tentang fungsi dari bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur dan tayangan LCD proyektor.
 Mengamati produk olahan yang berbahan dasar Eucheuma spinosum, dan manfaatnya bagi kehidupan
 Mempelajari berbagai literatur yang berkaitan dengan protista dan peranan yang bersifat merugikan.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan protista
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
V. SUMBER BELAJAR
1. Buku acuan : Biologi kelas X, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
2. Alat : CD, VCD, Komputer, LCD, Lup
3. Bahan : LKS, gambar, foto,VCD.
VI. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Ditinjau dari pigmen yang dikandungnya, phaeophyta mengandung pigmen ….......
2. Agar-agar yang berguna untuk pembuatan medium bagi pembiakan bakteri dihasilkan oleh …………………………………………………………………………………
3. Dalam mencari sumber protein, Chlorella mendapat perhatian yang cukup karena mengandung protein yang sangat tinggi. Tumbuhan ini termasuk …………………..
4. Eucheuma spinosum termasuk alga merah. Alga ini bermanfaat dalam pembuatan …..
5. Alga yang menghasilkan makanan berupa agar-agar adalah …………………………
Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Fikosantin 2
2 Alga merah 2
3 Alga 2
4 Agar-agar 2
5 Eucheuma spinosum 2

Sehingga kalau betul = 10
2. Penilaian portofolio
Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi



• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /SEMESTER : X/1
PERTEMUAN KE : 10 dan 11
ALOKASI WAKTU : 3 X 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokkan Mahluk Hidup
KOMPETENSI DASAR :
2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan.
INDIKATOR :
1. Menjelaskan ciri-ciri umum divisio dalam kingdom Fungi
2. Menjelaskan dasar pengelompokkan Fungi
3. Menggambarkan struktur tubuh jamur dari berbagai golongan
4. Membedakan berbagai golongan jamur berdasarkan ciri-ciri morfologinya
5. Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan yang ditemukan pada berbagai golongan jamur
6. Membedakan spora vegetatif dan generatif berbagai golongan jamur
7. Membuat charta siklus hidup jamur dari berbagai golongan
8. Membuat laporan tertulis hasil pengamatan jenis-jenis jamur di lingkungan sekitarnya
9. Menyajikan data contoh peran jamur bagi kehidupan
10. Membuat makanan hasil fermentasi jamur.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati preparat sel ragi, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri umum kingdom fungi.
2. Setelah mengamati preparat ragi dan membandingkan dengan berbagai literatur, siswa mampu mengidentifikasi pengelompokan jamur menjadi divisio-divisio.
3. Setelah mengamati tubuh jamur baik yang mikroskopis dan makroskopis ( jamur merang), siswa mampu membuat struktur dan karateristik dari masing-masing jamur yang diamati.
4. Setelah mengkaji dengan berbagai literatur dan pengamatan miselium atau hifa dari jamur merang (Valvariella valvaceae), siswa mampu menjelaskan perkembangbiakannya.
5. Setelah mengamati berbagai produk olahan yang dibantu dengan fermentasi oleh jamur, siswa mampu memberikan contoh peranan jamur.
II. MATERI AJAR
JAMUR (Fungi)
1. Ciri-ciri jamur
Jamur merupakan organisme eukariotik, bersifat uniseluler atau multiseluler dengan dinding sel dari glukan, mannan dan kitin, tidak berklorofil, memperoleh nutrisi dengan menyerap, berkembangbiak secara aseksual.
2. Pengelompokkan jamur
Jamur dikelompokkan menjadi 4 golongan antara lain :
Zygomycotina membentuk zygospora hasil pembiakan secara kawin, Ascomycotina membentuk spora generatif di dalam askus, Basidiomycotina membentuk spora generatif pada basidium dan umumnya memiliki tubuh buah berukuran besar, Deuteromycotina membentuk spora secara vegetatif dan belum diketahui fase kawinnya. Bentuk pengelompokkan lain pada jamur adalah khamir (jamur uniseluler, memperbanyak diri dengan budding), kapang (jamur bermisilium), cendawan (jamur yang memiliki tubuh buah makroskopis)
3. Reproduksi jamur
Jamur berkembangbiak dengan tunas (budding) dan spora (vegetatif dan generatif)
4. Peranan jamur dalam kehidupan
Peranan jamur dalam kehidupan sangat luas. Jamur berperan dalam keseimbangan lingkungan yaitu sebagai dekomposer, bersimbiosis dengan tanaman tertentu (mikoriza) dalam suplai unsur hara. Jamur juga sangat penting dalam fermentasi makanan dan obat-obatan. Jamur jenis cendawan ada yang beracun dan ada yang dapat dimakan. Jamur jenis kapang ada yang menghasilkan aflatoksin. Selain itu jamur juga bersifat parasit pada tumbuhan, hewan dan manusia.
III. METODE PENGAJARAN
c. Pendekatan : Try Out ( Studi lapangan ) dan keterampilan proses
d. Metode : Observasi , eksperimen, diskusi
IV. LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 2 X 45 menit )
1). Kegiatan Awal ( 20 menit )
 Siswa diminta membentuk kelompok kerja yang anggotanya terdiri dari 4-5 orang kemudian dibagikan LKS untuk pengamatan lapangan
 Mengaitkan pengetahuan awal siswa dengan materi yang akan dibahas
 Memotivasi siswa dengan cara mengajak membahas tentang manfaat mempelajari yang diberikan
 Menginformasikan kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa
2). Kegiatan Inti ( 60 menit )
 Melakukan pengamatan preparat jadi sel ragi.
 Mengidentifikasi karateristik dan bentuk luar jamur merang (Valvariella valvaceae), jamur kuping, jamur tiram.
 Mengidentifikasi bagian-bagian yang lain dan membandingkannya dengan literatur.
 Membuat tabel data informasi tentang fungsi dari bagian-bagian yang diamati dan membandingkan dengan literatur dan tayangan LCD proyektor.
 Mengamati produk olahan yang berbahan dasar jamur dan hasil fermentasi oleh jamur serta manfaatnya bagi kehidupan
 Mempelajari berbagai literatur yang berkaitan dengan jamur dan peranan yang bersifat merugikan.
3). Kegiatan Akhir ( 20 menit )
 Penugasan untuk menyelesaikan laporan dari pengamatan pada LKS yang telah dibagikan dan dipresentasikan oleh masing-masing anggota kelompok
 Menugaskan mencari informasi baik melalui internet, bukti, majalah maupun koran yang berkaitan dengan protista
 Pengambilan nilai kognitif melalui tes hasil belajar yang diberikan
 Pengumpulan laporan/LKS dan jawaban dari tes yang diberikan
V. SUMBER BELAJAR
4. Buku acuan : Biologi kelas X, P.N Viva Pakarindo, jilid XA
5. Alat : CD, VCD, Komputer, LCD, Lup
6. Bahan : LKS, gambar, foto,VCD.
VI. PENILAIAN
1. Penilaian kognitif, guru dapat melakukan post-test dengan membuat pertanyaan yang tidak mengulang pengalaman belajar. Penilaian di dalam pembelajaran ini mengutamakan penilaian proses dalam bentuk lembar tugas yang diberikan siswa, laporan tertulis dari masing-masing kelompok dalam bentuk LKS yang sudah dijawab, dikumpul saat itu juga.
Essay
1. Alat perkembangbiakan jamur yang terbentuk secara generatif adalah ………………
2. Jamur paling baik hidup pada tempat …………………………………………………
3. Bagian jamur merang yang dimakan berupa ………………………………………….
4. Untuk pembuatan kecap diperlukan jamur …………………………………………….
5. Jamur yang bersifat saprofit yang digunakan dalam pembuatan tempe dari kacang kedelai adalah ……………………………………………………………………….
Kunci Jawaban Essay
NO KUNCI SKOR
1 Hifa 2
2 Lembab 2
3 Tubuh buah (Basidiokarp) 2
4 Aspergillus Wentii 2
5 Rhizopus oryzae 2

Sehingga kalau betul = 10
2. Penilaian portofolio
Kriteria Skor
• Kesesuaian antara judul dan tujuan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian pembahasan dengan hasil pengamatan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Kesesuaian antara kesimpulan dengan data dan pembahasan 3 jika sesuai
2 jika kurang sesuai
1 jika tidak sesuai
• Cara penyajian data 3 data ditampilkan informatif dan menarik
2 data informatif tapi kurang menarik atau menarik tapi tidak informatif
1 data yang ditampilkan asal-asalan
• Keruntutan bahasa dalam laporan 3 bahasa runtut dan informatif dan sesuai EYD
2 bahasa tidak runtut
1 bahasa atau tulisan sulit dimengerti

3. Kriteria dalam diskusi
Kriteria Skor
• Mengkomunikasikan pemahaman konsep/penguasaan materi 3 dijelaskan dengan runtut dan penguasaan konsep baik
2 penguasaan konsep kurang baik
1 tidak mampu menjelaskan konsep yang relevan

• Mengkaitkan konsep dengan lingkungan 3 mampu mengkaitkan konsep dengan pengetahuan tentang aplikasinya di lingkungan
2 memahami konsep tapi kurang dapat mengkaitkan aplikasinya
1 kurang mampu mengkaitkan dengan aplikasinya
• Mempertahankan pendapat 3 mempertahankan dengan dasar yang logis dan akademis
2 mempertahankan tapi dasar kurang
1 tidak aktif
• Keterlibatan dalam diskusi 3 terlibat aktif dan menunjukkan kemampuan leadership
2 terlibat kurang aktif
1 tidak aktif


• Menghargai pendapat teman 3 menghargai dan mampu mempertahankan pendapatnya setuju atau mengoreksi dengan santun jika kurang setuju
2 menghargai tapi kurang mampu dalam mendukung atau mengoreksi



• Mendengarkan jika teman lain berbicara 3 mendengarkan dengan sabar dan menunggu giliran dalam berbicara
2 kurang sabar







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar